polaslot138
polaslot138
polaslot138
besti69
Pergi ke Kampung Madinah, Tarawih sampai Sahur!

Pergi ke Kampung Madinah, Tarawih sampai Sahur!

1 minute, 30 seconds Read


Magetan

Bagi traveler yang gemar berburu kuliner sambil menjelajah Magetan, wajib mencobanya di Desa Temboro, Kecamatan Karas. Kampung ini dijuluki Kampung Medina karena ramai dengan penduduk yang selalu berbusana.

Suasana desa ini juga tidak sepi, apalagi saat Ramadan. Selama 24 jam tersebut, berbagai aktivitas dilakukan warga dan mahasiswa. Saat pengajian di masjid, ramainya pasar takjil berdengung hingga tarawih.

Baik laki-laki maupun perempuan yang melewati jalan tersebut, sangat mirip di Kota Madinah dengan ciri laki-laki berbaju dan perempuan berbaju hitam dan berkerudung. Padatnya lalu lintas kendaraan selama bulan Ramadan terlihat pada malam menjelang sarapan pagi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Di sini, warga menunggu azan magrib sambil menghabiskan waktu berburu kuliner, baik tradisional maupun kekinian. Pedagang dan masyarakat juga tampak mengenakan jubah.

Di Desa Temboro banyak pendatang baik dari luar jawa maupun luar negeri, mereka belajar menjadi santri di 4 pesantren dengan total 25 ribu santri. Pedagang juga menerima hadiah selama masa-masa sulit.

“Alhamdulillah jelang buka puasa tiga kali lipat dibanding sebelum puasa,” kata Fredi, salah satu pedagang kaki lima di detikJatim, Kamis (6/4/2023).

Desa Medina (Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti)

Dalam pantauan detikJatim, terlihat para pedagang bangkrut menjajakan dagangannya di pinggir jalan sepanjang 500 meter itu. Pedagang kaki lima berderet di kedua sisi jalan menuju Pesantren Al Fatah. Tidak hanya Pondok Pesantren Al Fatah, di Desa Temboro juga terdapat tiga pondok pesantren lainnya.

Data yang dihimpun detikJatim, sejak tahun 1980-an, jumlah mahasiswa terus bertambah. Padahal, dari 25 ribu mahasiswa, 3 ribu di antaranya merupakan mahasiswa dari negara lain.

Mereka berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Australia, Somalia, Kamboja, Brunei Darussalam, Papua Nugini, Timor Leste, Bangladesh, Suriname dan negara lainnya.

Desa ini juga terkenal dengan salat Tarawih paling lama, mulai dari salat magrib hingga menjelang waktu makan.

Baca artikel selengkapnya di detikJatim

Simak Video Viral Anggota TNI Bisikkan di Magetan Dugaan Selingkuh Istri
[Gambas:Video 20detik]
(mis./mis.)

Similar Posts