polaslot138
polaslot138
polaslot138
besti69
Kisah Kurma Israel Mendominasi Pasar Dunia, Tapi Kebunnya Ada di Palestina

Kisah Kurma Israel Mendominasi Pasar Dunia, Tapi Kebunnya Ada di Palestina

1 minute, 40 seconds Read


Jakarta

Kurma merupakan makanan yang laris dan banyak dicari selama Ramadan. Tahukah Anda bahwa salah satu penghasil kurma terbesar di dunia adalah Israel?

Kurma digemari karena rasanya yang manis dan padat nutrisi sehingga cocok dijadikan menu sarapan atau buka puasa. Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengkonsumsi kurma dalam jumlah yang ganjil.

Penjualan kurma saat bulan puasa pun tidak main-main, bahkan bisa meningkat 100% dibanding hari biasa. Tapi tahukah Anda bahwa Israel adalah salah satu pemain besar di pasar kurma global?

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Negara Yahudi ini berada tepat di belakang Arab Saudi dalam data ekspor kurma dunia. Sebuah laporan Statista menunjukkan bahwa pada tahun 2021, Arab Saudi adalah pengekspor kurma segar dan kering terbesar di dunia, dengan nilai ekspor sekitar US$322,84 juta. Menyusul Arab Saudi adalah Israel dengan nilai ekspor kurma melebihi US$317 juta.

Israel merupakan negara dengan nilai ekspor kurma tertinggi setelah Arab Saudi. Gambar: Jakarta

Sementara menurut laporan Israel Agri, pembeli utama kurma dari Israel adalah Italia, Inggris, Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Prancis, dan Turki. Prancis adalah importir kurma terbesar di Uni Eropa (29%).

Israel saat ini menguasai lebih dari 60 persen pasar global untuk kurma Medjoul, salah satu varietas terkemuka. Hal ini menjadikan Israel pengekspor kurma Medjoul terbesar di dunia.

Kurma Medjoul dikenal dengan buahnya yang besar, daging buahnya yang berwarna jingga kekuningan, dan rasanya yang kaya.

Kurma Medjoul dikenal dengan dagingnya yang tebal dengan rasa yang kaya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Enez Selvi

Namun, Al Jazeera melaporkan bahwa industri kencan Israel sangat eksploitatif. Faktanya, sekitar 40% kurma Israel saat ini ditanam di tanah curian milik rakyat Palestina. Mereka juga mengambil air dari desa-desa Palestina untuk mengairi kebun kurma.

Karena tugas memetik kurma yang melelahkan, pengusaha Israel membawa pekerja Palestina bergaji rendah untuk melakukan kerja keras. Petani Israel juga diketahui mempekerjakan anak-anak Palestina.

Di bawah tekanan pendudukan militer, industri kurma asli Palestina sedang berjuang untuk bersaing dengan kurma Israel yang membanjiri pasar lokal dan internasional.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Tonton video “KuTips: Jadikan Air Infused Kurma untuk Menjaga Stamina Saat Puasa!”
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

Similar Posts