polaslot138
polaslot138
polaslot138
besti69
Gila Rachel Vennya Disebut 'Puber Kedua', Ada Apa?

Gila Rachel Vennya Disebut ‘Puber Kedua’, Ada Apa?

1 minute, 44 seconds Read


Jakarta

Rachel Vennya selebgram kembali menjadi sorotan netizen. Kali ini banyak netizen yang menyebut Rachel seolah mengalami ‘puber kedua’ karena dekat dengan seorang pria.

Menanggapi tudingan tersebut, Rachel mengklarifikasi bahwa dirinya kini berusia 27 tahun. Bahkan teman seusianya masih berpacaran dan belum menikah. Itu seperti langsung, dia tidak boleh dicap puber kedua karena dia masih sangat muda.

Umumnya dalam dunia medis, tidak ada definisi resmi kapan puber kedua terjadi. Namun umumnya, istilah ini mengacu pada perubahan yang terjadi pada usia 20-an, 30-an, atau 40-an.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Karena tidak ada definisi yang pasti, setiap orang dapat mengartikan pubertas kedua dengan cara yang berbeda baik untuk anak perempuan maupun laki-laki. Meski umumnya datang seiring bertambahnya usia, wanita dan pria mengalami perubahan yang berbeda.

Namun di luar itu, dikutip dari Healthline, pubertas kedua bisa menunjukkan tanda-tanda fisik. Misalnya pada usia 20-an, seorang remaja putri biasanya mencapai puncak kematangan fisik dengan perubahan berupa:

Massa tulang maksimal. Tubuh mencapai massa tulang puncaknya di usia 20-an. Kekuatan otot maksimal. Seperti pria, otot paling kuat selama periode ini. Menstruasi teratur. Tingkat estrogen memuncak pada pertengahan atau akhir usia 20-an, membuat menstruasi Anda dapat diprediksi.

Sedangkan pada usia 30-an, pubertas kedua pada wanita mengacu pada perimenopause atau peralihan menuju menopause. Kondisi ini dapat dimulai pada usia pertengahan atau akhir 30-an karena kadar estrogen yang tidak teratur, dengan perubahan fisik seperti:

Penurunan massa tulang Penurunan massa otot Perubahan kulit. Saat kulit kehilangan elastisitasnya, seseorang mungkin mengalami kerutan dan kulit kendur. Rambut abu-abu. Periode menstruasi yang tidak teratur. Penis lebih mudah mengering.

Kemudian di awal usia 40-an, perubahan fisik dari dekade sebelumnya terus berlanjut. Namun menjelang akhir usia 40-an, tubuh Anda akan mulai memasuki masa menopause. Sebagian orang menyebut peralihan ini sebagai pubertas sekunder, yang disertai dengan perubahan-perubahan seperti:

Pengeroposan tulang lebih cepat. Penurunan ketinggian. Penambahan berat badan. Tubuh mengubah cara menggunakan energi, membuat wanita lebih rentan terhadap kenaikan berat badan. Menstruasi tidak teratur atau tidak ada karena tubuh memproduksi lebih sedikit estrogen. Menstruasi cenderung berhenti di awal usia 50-an.

Simak Video “Viral Foto Rachel Vennya Diduga Karantina di Wisma Atlet”
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

Similar Posts